Headlines

Manajemen Produksi Dalam Menunjang Persaingan Pasar


Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Mengingat pentingnya manajemen produksi dalam menciptakan produk yang berkualitas, maka diperlukan  pengambilan keputusan strategis yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
Prinsip manajemen produksi ini senantiasa dikontrol dengan memberikan pelatihan yang komperhensif. Hal inilah yang seharusnya dilakukan oleh manajemen terhadap kualitas produk yang diciptakan.


Manajemen produksi  meliputi proses pemilihan bahan baku, pengolahan bahan baku menjadi produk jadi, dan pengemasan produk. Pada tahap pemilihan bahan baku, dilakukan dengan proses penyaringan dan pemilihan bahan baku sesuai dengan standar, sehingga pada saat diolah bahan baku tersebut tidak rusak/ mengalami kendala. Pada tahap pengolahan bahan baku menggunakan teknologi modern yang higienis sehingga produk yang dihasilkan terjamin kualitasnya. Disamping itu pengolahan produk tanpa bahan pengawet membuat produk yang dihasilkan senantiasa aman untuk dikonsumsi secara terus menerus. Pada tahap pengemasan produk, dipilih bahan pengemasan yang sesuai dengan standar kesehatan. Dengan melakukan manajemen produksi yang berkesinambungan diharapkan produk-produk yang dihasilkan senantiasa dapat diterima oleh pasar dan dapat bersaing dengan produk kompetitor lain.  (DB-Red)