Headlines

Manfaat Durian Bagi Ibu Menyusui


Menyusui merupakan salah satu bentuk tanggung jawab ibu kepada buah hatinya pasca melahirkan. Dengan menyusui, hubungan batin antara ibu dan bayi menjadi semakin erat sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi normal dan baik. Selama menyusui ibu harus mengkondisikan agar asinya dapat keluar dengan baik sehingga proses menyusui dapat berlangsung lancar. Pada kesempatan kali ini DAPURBOGA.com ingin membahas mengenai durian yang ternyata banyak diantara kita yang belum mengetahui mengenai manfaat durian bagi ibu menyusui. Berikut beberapa manfaat durian bagi ibu menyusui:

1. Booster ASI
Manfaat pertama durian adalah mampu berperan sebagai booster asi. Dalam hal ini durian mampu merangsang produksi asi ibu sehingga berguna dalam hal pemenuhan kebutuhan asi pada bayi. Meskipun bermanfaat sebagai booster asi, namun durian juga dapat mempengaruhi kondisi pencernaan ibu. Untuk itu mengkonsumsi durian dianjurkan sesuai dengan kebutuhan saja (tidak berlebihan).

2. Membantu Mengatasi Bengkak
Durian ternyata mampu mengatasi bengkak pasca persalinan. Kondisi bengkak biasanya masih dirasakan pada beberapa bagian tubuh ibu menyusui pasca melahirkan. Biasanya rasa bengkak itu timbul di daerah ketiak terutama bagi ibu yang proses persalinannya secara caesar. Manfaat mengatasi bengkak tersebut dapat diperoleh dengan cara mengoleskan buah durian secara langsung pada bagian kulit yang bengkak tersebut.

3. Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral
Beberapa kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah durian dan sangat bermanfaat bagi ibu menyusui antara lain:
  • Antioksidan, zat yang terdapat di dalam durian ini bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas dan membantu menjaga kondisi tubuh. Radikal bebas merupakan pemicu timbulnya kanker dan masalah kesehatan lain.
  • Serat, kandungan serat yang terdapat pada durian mampu membantu menjaga kesehatan pencernaan pada ibu menyusui. Selain itu mampu membantu mengurangi kolesterol, mencegah terjadinya penyakit jantung, dan memperlancar peredaran darah.
  • Kalsium, kandungan kalsium pada durian bermanfaat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Kondisi peningkatan tekanan darah memang menjadi salah satu hal yang biasa terjadi pada ibu menyusi karena aktivitas dan resiko stres yang tinggi.
  • Vitamin, kandungan vitamin yang paling dominan pada durian adalah vitamin B6. Vitamin ini sangat bermanfaat bagi ibu menyusui, karena sangat penting perananannya pada fungsi darah, kulit, dan fungsi saraf pusat.

Itulah berbagai manfaat mengkonsumsi buah durian bagi ibu yang sedang menyusui. Meskipun mengandung manfaat, namun perlu diperhatikan mengenai jumlah yang dikonsumsinya. Sebaiknya mengkonsumsi tidak berlebihan agar tidak timbul dampak negatif seperti meningkatkan kadar gula, diare, menyebabkan peningkatan gas lambung yang berlebihan, menimbulkan rasa sesak, mual dan muntah. Dianjurkan pula untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengkonsumsi buah durian bagi ibu menyusui. (DB-Red)